MELAKUKAKAN BLOK SITUS DENGAN WEBSITE

A. PENDAHULUAN

1. PENGERTIAN
 Sebagai pengguna teknologi informasi, tidak asing bagi kita dengan istilah "proxy" Secara umum arti dari proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.
2. LATARBELAKANG DAN BATASAN MASALAH : Kali ini saya akan membahas tentang memblokir situs menggunakan web proxy yang ada pada mikrotik, latar belakang saya melakukan ini saya ingin suatu saat nanti ini dapat berguna di sekolah saya.
3. MAKSUD DAN TUJUAN : Disini memblokir suatu situs itu tidak ada salahnya karena memmblokir situs itu untuk tujuan tertentu tujuan saya disini adalah untuk membuat siswa yang ada disekolah saya itu fokus pada saat pembelajarannya.
4. HASIL  YANG DIHARAPKAN : Saya harap jika saya sudah berhasil melakukan konfigurasi ini saya dapat mengembangkanny lebih lanjut, dan tentunya dapat saya terapkan disekolah saya.

B. ALAT DAN BAHAN
    PC
    MIKROTIK
    KABEL UTP
    KONEKSI INTERNET
C. JANGKA WAKTU/PELAKASANAAN KEGIATAN
    Hari Senin, 11 September 2017, dalam melakukan konfigurasi ini kisaran 15 menit dan itu saya ulang-ulang lagi.
D. PROSES DAN TAHAP PEKERJAAN
1. Pertama kita masuk dulu ke winbox.
2. lalu kita masuk IP>Web Proxy> lalu kita centang enabled untuk mengaktifkan fungsi proxynya. apply lalu ok.
gg
3. Lalu masukke menu IP>firewall>NAT
gg2
4. lalu klik add> chain= dstnat> protokol= 6(tcp) > dst port = 80 > dan in.interface itu interface yang masukke komputer client.
gg3
5. Lalu pada menu action kita pilih redirect lalu kita isikan to port= 8080
gg4
gg5
6. Lalu masukke menu webproxy lagi lalu klik access.
gg6
7.  Klik add/+ lalu kita isikan dst.host( alamat yang akan kita blokir). contoh detik.com
     untuk actionnya deny karena kita akan memblokir.
gg7
jika ingin me redirect kan ke alamat lain kita tinggal mengisi alamat lain di redirect to.
8. Lalu sekarang kita cek di browser.
gg8
nah untuk hasil diatas berhasil.
E. HASIL YANG DIDAPATKAN
    Hasil yang didapatkan kali ini saya dapat melakukan konfigurasi ini dengan sedikit mengulang-ulang dan menelitinya, karena kalau tidak teliti bisa saja gagal.
F. TEMUAN MASALAH
     Masalah yang saya temukan saat melakukan konfigurasi ini adalah ketika sudah selesai melalukan konfigurasi tetapi masih gagal, jadi kita harus mengulang kembali dan meneliti kembali konfigurasi kita.
G. KESIMPULAN
     Ketika kita melakukan konfigurasi kita harus melakukannya secara perlahan dan jangan terburu-buru ketika melakukan konfigurasi tersebut.
H. REFERENSI DAN DAFTAR PUSTAKA

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »