KERJA PROFESIONAL

A. Pendauluan

oke gaaaaaays ketu lagi dengan postingan saya , ya  pada kesempatan kali ini saya  berbagi tentang kerja profesional.

1. Pengertian

 Apa itu kerja profesional  ????????????????

Berasal dari kata profesional yaitu istilah bagi seseorang dalam menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang di jalaninya dan mendapat gaji

2. Latar belakang

 Banyaknya prusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang disiplin dan mempunya pengalaman dalam bekerja . Dan persaingan tenaga kerja yang banyak dan mempunyai karakter yang berbeda beda jadi sangat di haruskan untuk menjadi pekerja yang profesional.

3. Maksud dan tujuan

 1. Agar menjadi pekerja yang profesional
2. Agar memiliki daya saing yang tinggidi dunia pekerjaan

4. Hasil yang di harapkan

 Dapat menerapkan di dunia kerja maupun di sekolah
Dapat memberikan hasil yang memuaskan untuk perusahaan ataupun untuk sekolah

B. Alat dan bahan

Laptop

C. Jangka waktu


09:00-15:00

D. Tahapan pelaksanaan

Diskusi dan pemapaparan dari pembina praktek kerja industri yaitu mbah suro dhemit.  Dimana mbah suro menjalaskan tentang kerja profesional dan mencontohkan bagaimana menjadi pekerja profesional.

Dan juga mbah suro menceritakan pengalamannya dimana pada awal mbah suro berkarir di stasiun tv sampao menjadi direktur direktur perusahaan tinggi .

Dan ada hal yang sangat luar biasa dimana mbah suro meninggalkan semua pekerjaan hanya karena mbahsuro lebih memilih untuk membangun atau menjadi pendiri dan pembingbing blc telkom .

dan mbah suro  lebih memiih untuk mengembangkat bakat bakat anak muda di bidang IT dan mbah suro lebih mementingan generasi anak muda dari pada pekerjaanya sendiri luar biasa sekali pesan yang di sampaikan mbah suro dhemit.
 
E. Hasil yang di dapatkan

setelah di atas sudah menyinggung pengertian kerja profesional nah ada juga ciri ciri dan tips menjadi profesional :

2. CIRI-CIRI PROFESIONAL

    a. Menyelesaikan pekerjaan  tepat waktu

Maksudnya adalah ketika kita mendpat pekerjaan job itu kita harus mempunyai jangka waktu yang pasti dan ketika sudah membuat jangka waktu jadi kita harus komitmen pada waktu.

    b. Tidak melempar tanggung jawab

Maksudnya adalah dimana ketika kita mendapat pekerjaan kita harus benar benar menyelesaikan pekerjaan itu dan jangan sampai kita ketika mendapat pekerjaan maah kita pergi dari tanggung jawab yang telah di berikan kepada kita.

    c. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi

Maksudnya ialah diman kita harus meningkatkan percaya diri yang tinggi jangan selalu menyender kepada orang lain , kenapa harus seperti itu ya harus karena ketika kita terjun di duinia kerja itu kita sudah di beri kepercayaan atas ke ahlian ang dimiliki dan di dunia kerja kebanyakan adalah orang orangnya yang cuek dan tidak perduli kepada kita.

    d. Bersedia menerima kritik

Semua pekerjaan yang kita lakukan itu pasti ada kesalahan yang kita lakukan wa;aupun sedikit dan juga pasti setelah kita sudah melakukan perkerjaan pasti ada yang memberi masukan kepada kita dan usahakan kita harus menerima kritikan itu buatlah kritikan itu menjadi peningkatan yang akan kita lakukan untuk menjadi lebih baik lagi

    e. Melakukan hal yang terbaik di hari yang terburuk

Semisal kita mendapatkan masalah atau mungkin pada saat itu adalah hari yang kurang bersahabat dengan diri kita maka lakukanlah yang terbaik, dimana hari itu terburuk ada titik celah dimana untuk meakukan hal hal yang terbaik di hari itu.

   f. Tidak menunggu datangnya ide, melainkan menciptakannya

Nah disinilah kita harus berfikir kreatif dan inovatif, dimana jika kita ingin sukses dan menjadi pekerja profesional maka kita harus aktif selalu berfikir untuk slalu maju.

   g. Bersedia memberi bantuan

 Jangan pelit untuk membantu sesama pekerja atau mungkin sesama teman, jangan sampai meihat orang atau teman kita terkapar dahulu tapi sebelum teman kita terkapar atau meminta bantuan kepada kita maaka kita harus peka harus membantu dahulu jangan sampai menunggu dia terkapar dahulu.

3. TIPS MENJADI PROFESIONAL


     a. Menguasi konsep dasar

Sebelum kita turun di suatu pekerjaan yang di beri kepada kita , kita harus mengetaui secara rinci konsep bagaimana saya harus melakukan mulai dari mana dll. jadi usahakan pahami konsep dari pekerjaan yang di berikan kepada kita dengan catatan sesuai keahlian atau sesuai dengan kemampuan kita.

     b. Memiliki referensi yang kuat

kita harus mengetahui sumber sumber yng terpercaya dan sumber sumber yang terpercaya dan yang sudah berpengalaman atas kerja yang di lakukan.

    c. Memiliki rancana dan program kerja

Nah sebelum kita akan melakukan pekerjaan kita harus membuat renca kerja itu sendiri dan juga program kerja yang pasti yang harus dilakukan jangan asal berjalan sendiri tentang pekerjaan yang kita jalani itu.

    d. Memiliki tanggung jawab yang tinggi

setelah kita mempunyai pekerjaan maka kita harus bertanggung jawab atas pekerjaan yang kit penggang itu dan jangan sampai di tengah tengah kita mendapat problem dari pekerjaan itu kita lepas tanggung jawab itu jangan sampai ada pada diri kalian karena akan membuar prioritas kita akan rendah dan jasa yang kita akan lakukan jarang yang memiih kita sebagai pekerja.

   e.  Berpengalaman dan memiliki keahlian di bidangnya

Nah ketika kita mendapat pekerjaan kita harus melihat diri kita dahulu apakah pekerjaan yang di berikan kepada kita itu sesuai dengan keahlian kita ataupun kita malah belum tau pekerjaan itu. Jadi ini sangat penting untuk kita sebelum melangkah bekerja.

   f. Selalu kita memegang teguh pada SOP K3 dan ketentuan yang ada

Setiap kita melakukan pekerjaan maka jangan sampai kita melupkan tentang kesehatan dan keselamatan dalam bekerja dan juga kerja dengan SOP atau ketentuan yang ada pada tempat kerja itu.

F. Temuan masalah

Kurangnya pemahaman dalam hal melakukan hal terbaik di hari terburuk

tetapi ini sudah di atasi karena bertanya tanya ke teman teman dan pada akhirnya saya dapat memahaminya

G. Kesumpulan

 Jika kita ingin menjadi pekerja yang mempunyai daya saing maka jadilah pekerja profesional pekerja yang mengetahui dimana kita harus diam dimana kita harus bekerja.

H. Referensi

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Profesional

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »