Pcket Tracer

Pendahuluan
assalamu'alaikum Wr Wb
selamat sore ,oke pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kegiatan saya tentang packet tracer
BAB I

A. Pengertian Packet Tracer
   Packet Traccer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

B. Latar Belakang

Tujuan utama packet tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami bagaimana prinsip jaringan komputer dan juga bagaimana cara membangun skill dibidang alat-alat jaringan cisco.

C. Alat Dan Bahan

- Software Cisco Packet Tracer.
- flasdisk
- Laptop.

Jangka waktu pelaksanaan

09:00 - 09:30

D. Tahap Pelaksanaan Kegiatan

1. Siapkan software packet tracer


2. Buka terminal. Masuk sebagai super user kemudian ketikkan "su" masukkan sebagai root.


3. Kemudian ketikkan "cd Document" untuk pindah directory.

4. Kemudian kita lihat apakah software tersebut sudah ada apa belum. Dengan perintah "ls"


5. Jika sudah ada, jika sudah kita beri hak akses dengan mengetikkan " chmod 777 PacketTracer533_i386_no_tutorials_installer-deb.bin"

6. Jika sudah di beri hak akses kita instal dengan mengetikkan perintah " ./PacketTracer533_i386_no_tutorials_installer-deb.bin"

7. Kemudian enter sampai muncul tampilan seperti ini. Kemudian ketik "y" lalu enter.



8. Lalu di cek pada menu, ketikkan "packet tracer" apakah sudah ada atau belum, jika sudah berarti sudah berhasil.

9. Mari kita buka aplikasi packet tracer seperti di bawah ini.

E. Kesimpulan
 Software ini ditujukan untuk pengajaran awal networking sehingga user dapat memahami bagaimana cara kerja suatu networking devices. Bisa dikatakan bahwa packet tracer merupakan program simulasi jaringan, sehingga user dapat membangun jaringan sendiri, mengobservasi “tingkah laku” dari data frame serta paket-paket yang melalui router, switch, dan peralatan lainnya. Tujuan utama kita menggunakan Packet tracer yaitu untuk membantu kita memahami fungsi-fungsi dasar dari berbagai networking devices dan bagaimana peralatan tersebut menghandle frame dan paket-paket. Dan digunakan untuk simulasi  pembuatan topologi atau yang lainnya.

F. Referensi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »