APA ITU SERVER ???

A. Pendahuluan

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang server., banyak sekali hampir semua orang TKJ atau IT itu mengenal server, jadi banyak juga yang hanya mengetahui namanya saja server tapi tidak mengetahui artinya dan fungsi dari server itu apa.

Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi tentan apa itu server dan fungsinya.

1. Pengertian
Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Peladen didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.  


Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas ataupencetak , dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.


Contoh sistem operasi peladen adalah Windows NT 3.51 , dan dilanjutkan dengan  Windows NT 4.0.  Saat ini sistem yang cukup populer adalah  Windows 2000 server dan Windows server 2003 kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.


Peladen biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

2. Latar belakang

Banyaknya orang yang mengenal nama server tapi tidak mengetahui arti dan kegunaannya, dan merasa prihatin kepada orang orang yang sudah mendirikan server tapi di biarkan tanpa di kelola.

3. Maksud dan tujuan

Agar dapat mengetahui tentang server dan juga dapat mendirikan server sesuai dengan kegunaannya.

4. Hasil yang di harapkan

Menetahui server dan dapat mendirikan server di sekolah ataupun di perusahaan

B. Alat dan bahan

Laptop
Jaringan internet

C. Jangka waktu

08:00-15:00

D. Tahapan dan pelaksanaan

Dalam tahapan ini kami membaca tentang server dan juga bukan hanya kami membaca tapi dari mbah suro selaku pembina juga menjelaskan tentang server juga memberikan pencerahan tentang bagaimana mengembangkan server yang telah di didirikan.

E. Hasil yang di dapatkan

Kami dapat mengetahui fungsi dan keguunaan server dan juga apa saja yang dapat di install di server 

Fungsi dan kegunaan komputer server

  1. Bertanggung jawab melayani permintaan komputer client.
  2. Menyediakan resource untuk di gunakan bersama baik itu perangkat keras ataupun berupa aplikasi agar dapat di gunakan di semua komputer client di dalam jaringan.
  3. Bertanggungjawab mengatur lalu lintas data.
  4. Dapat menyimpan file, data untuk di akes bersama menggunakan file sharing.
  5. Mampu mengatur hak akses level dalam jaringan, sehingga tidak semua client bisa membuka data yang di simpan di komputer server.
  6. menyediakan database atau aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer.
  7. Melindungi komputer client dengan memasang firewall atau anti malware di komputer server. 

Manfaat pennggunaan komputer server

          Dari segi manfaat, jelas komputer server sangat di butuhkan dan mampu menghemat biaya menjadi lebih ekonomis. Misalnya menggunakan komputer server, jika anda memiliki 1 printer katakanlah di sebuah perusahaan maka printer tersebut akan bisa di sharing ke semua pengguna lainnya sehingga dengan 1 komputer akan dapat di gunakan oleh semua client di dalam jaringan. Jelas lebih hemat bukan di banding anda harus membeli banyak printer


F. Temuan masalah

Kurangnya memahami hal yang harus di lakukan pada server yang sudah didirikan

G. Kesimpulan

Server adalah service yang melayani apa saja yang client minta nah pada disini dapat di simpulkan bahwa server melayani para client yang terhubung pada server

H. Referensi

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Peladen

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »