A. Pendahuluan
Pada kesempatan kali ini saya akan menyinggung tentang kepribadian pada diri seorang dan juga karakter yang ada dalam manusia di tempat kerja.
1. Pengertian
Kepribadian adalah keseluruhan cara orang dalam berkelakua di setiap kegiatannya dalam sehari hari.
Karakter adalah watak atau sifat batin yang mempengaruhi pemikiran, perilaku dan budi pekerti yang dimiliki oleh setiap manusia individu.
2.Latar belakang
Banyaknya dunia bekerja yang membutuhkan pekerja yang berkarakter baik juga memiliki kepribadian yang baik dalam bekerja.
3.Hasil yang di harapkan
Dapat menerapkan perilaku dan karakter yang baik di dunia kerja maupun di masyarakat atau sosial.
4.Maksud dan tujuan
Agar dapat membentuk karakter yang baik dan selalu percaya diri dalam melakukan suatu hal dalam bekerja ataupun belajar.
B. Alat dan bahan
Laptop
Jaringan
C. Jangka waktu pelaksanaan
08:00- 16:00 <8 jam >
D. Tahapan kerja
Pada pelaksanaan sharing ini di pimpin mbah suro dhemit selaku pembina prakerin. Dan pada saat sharing mbah suro dhemit menerangkan tentang arti dari karakter dan kepribadian dari diri seseorang.
Juga mbah suro dhemit menyampaikan bahwa karakter dan kepribadian itu berbeda, nah pada saat mbah suro dhemit berbicara bahwa kepribadian dengan karakter itu berbeda beda saya bertanya tanya di dalam hati.
Langsung mbah suro menerangkan bahwa kepribadian yang ada pada diri seseorang itu bisa terlihat. Tetapi beda dengan karakter manusia dima karakter manusia itu tidak tampak melainkan karakter manusia adalah karakter yang ada di dalam hati atau batin dari seseorang.
Nah di jaman yang sekarang banyak sekali bagaimana seseorang dilihat dari kepribadiannya itu terlihat sangat sopan baik santun tapi kita tidak tau apakah di dalam hati atau batinnya itu benar benar tulus atau tidak itu kita tidak tau, karena kita tidak bisa melihat karakter manusia.
Mbah Suro Dhemit juga menjelaskan, orang IT atau komputer itu biadab dan bajingan, mengapa demikian ? karena jika ada masalah koneksi internet pasti yang disalahkan adalah orang IT yang mengkofigurasi, oleh karena itu orang IT selalu bekerja keras tanpa mengenal waktu. oleh karena itu Orang IT harus mempunyai karakter yang sangat displin, baik dan memanfaatkan waktu dengan baik. Bayangkan kalo Orang IT pemalas dan tidak bisa memanagement waktu dengan baik jangan harap koneksi di INDONESIA lancar dan tidak ada gangguan.
Ada beberapa hal yang harus di miliki diri seseorang dalam dunia bekerja antara lain :
Dapat di percaya berarti kita harusamanah nah ini yang sering sekali terjadi di dunia kerja dimana kita ketika kerja past kita mempunya bos ataupun atasan, dimaa atasan itu sendiri pasti akan menyuruh baawahannya sendiri itu tidak memandang siapa itu, pasti ketika sudah melihat ahlinya dalam bidang sesuatu maka kita harus siap ketika kita mendapat amanah dari atasan dan kepercayaan hanya datang satu kali, sangat susah ketika aka membangun kepercayaan lagi jika kita sudah melakukan kesalahan.
Juga dalam dunia bekerja kita harus memperhatika sesama dan juga menghargai sesama pekerja yang ada di sekitar kita diman kita harus benar benar menghargai seseornag yang sudah melakukan sesuatu. Dan juka kegiatan itu positif maka kita harus mendukungnya dan membantu ketika membutuhkan bantuan.
E. Hasil yang di dapatkan
Dapat mengetahui hal hal yang harus di lakukan ketika kita sudah masuk di dunia kerja.
F. Temuan masalah
-
G. Kesimpulan
Dalam dunia kerja usahakan kita harus benar benar membentuk kepribadia dan karakter yang baik dan memenuhi syarat kerja.
H. Referensi
Pada kesempatan kali ini saya akan menyinggung tentang kepribadian pada diri seorang dan juga karakter yang ada dalam manusia di tempat kerja.
1. Pengertian
Kepribadian adalah keseluruhan cara orang dalam berkelakua di setiap kegiatannya dalam sehari hari.
Karakter adalah watak atau sifat batin yang mempengaruhi pemikiran, perilaku dan budi pekerti yang dimiliki oleh setiap manusia individu.
2.Latar belakang
Banyaknya dunia bekerja yang membutuhkan pekerja yang berkarakter baik juga memiliki kepribadian yang baik dalam bekerja.
3.Hasil yang di harapkan
Dapat menerapkan perilaku dan karakter yang baik di dunia kerja maupun di masyarakat atau sosial.
4.Maksud dan tujuan
Agar dapat membentuk karakter yang baik dan selalu percaya diri dalam melakukan suatu hal dalam bekerja ataupun belajar.
B. Alat dan bahan
Laptop
Jaringan
C. Jangka waktu pelaksanaan
08:00- 16:00 <8 jam >
D. Tahapan kerja
Pada pelaksanaan sharing ini di pimpin mbah suro dhemit selaku pembina prakerin. Dan pada saat sharing mbah suro dhemit menerangkan tentang arti dari karakter dan kepribadian dari diri seseorang.
Juga mbah suro dhemit menyampaikan bahwa karakter dan kepribadian itu berbeda, nah pada saat mbah suro dhemit berbicara bahwa kepribadian dengan karakter itu berbeda beda saya bertanya tanya di dalam hati.
Langsung mbah suro menerangkan bahwa kepribadian yang ada pada diri seseorang itu bisa terlihat. Tetapi beda dengan karakter manusia dima karakter manusia itu tidak tampak melainkan karakter manusia adalah karakter yang ada di dalam hati atau batin dari seseorang.
Nah di jaman yang sekarang banyak sekali bagaimana seseorang dilihat dari kepribadiannya itu terlihat sangat sopan baik santun tapi kita tidak tau apakah di dalam hati atau batinnya itu benar benar tulus atau tidak itu kita tidak tau, karena kita tidak bisa melihat karakter manusia.
Mbah Suro Dhemit juga menjelaskan, orang IT atau komputer itu biadab dan bajingan, mengapa demikian ? karena jika ada masalah koneksi internet pasti yang disalahkan adalah orang IT yang mengkofigurasi, oleh karena itu orang IT selalu bekerja keras tanpa mengenal waktu. oleh karena itu Orang IT harus mempunyai karakter yang sangat displin, baik dan memanfaatkan waktu dengan baik. Bayangkan kalo Orang IT pemalas dan tidak bisa memanagement waktu dengan baik jangan harap koneksi di INDONESIA lancar dan tidak ada gangguan.
Ada beberapa hal yang harus di miliki diri seseorang dalam dunia bekerja antara lain :
1. Self
Respect ( Membangun rasa percaya diri)
Maksudnya disini adalah kita ketika di dunia kerja harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Kenapa harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi iya karena di dalam dunia bekerja ini sangatlah beda dengan dunia di sekolah karena ketika di sekolah kita hanya belajar dan kemudian kita bisa minta tolong kepada guru jika kita tidak bisa sesuatu. Tapi beda dengan dunia bekerja karena di dalm dunia bekerja kita tidak ada senderan seperti guru di lapangan tetapi semuapekerja dan jarang sekali orang di dunia kerja itu membantu kita itu sangat sangat dan sangat jarang
2. Trustworthy and Respectful (Bisa Dipercaya dan Hargai Sesama )
Dapat di percaya berarti kita harusamanah nah ini yang sering sekali terjadi di dunia kerja dimana kita ketika kerja past kita mempunya bos ataupun atasan, dimaa atasan itu sendiri pasti akan menyuruh baawahannya sendiri itu tidak memandang siapa itu, pasti ketika sudah melihat ahlinya dalam bidang sesuatu maka kita harus siap ketika kita mendapat amanah dari atasan dan kepercayaan hanya datang satu kali, sangat susah ketika aka membangun kepercayaan lagi jika kita sudah melakukan kesalahan.
Juga dalam dunia bekerja kita harus memperhatika sesama dan juga menghargai sesama pekerja yang ada di sekitar kita diman kita harus benar benar menghargai seseornag yang sudah melakukan sesuatu. Dan juka kegiatan itu positif maka kita harus mendukungnya dan membantu ketika membutuhkan bantuan.
3. Jiwa
Kepemimpinan
JIwa kepemimpinan sangatlah penting di dalam kita bekerja, pemimpin itu bukan hanya di artikan pemimpin yang memimpin orang lainmelainkan bisa memimpin diri sendiri.
Nah pada hal ini yang susah adalah memimpin diri sendiri diman kita dituntut untuk memimpi diri sendiri bukan hanya memimpin orang lain saja.
4. Peka
dan Berfikir Kritis
Ide
kamu selalu konstruktif, opinimu bakal tepat.
Kemampuan
meningkat, karir gemilang.
E. Hasil yang di dapatkan
Dapat mengetahui hal hal yang harus di lakukan ketika kita sudah masuk di dunia kerja.
F. Temuan masalah
-
G. Kesimpulan
Dalam dunia kerja usahakan kita harus benar benar membentuk kepribadia dan karakter yang baik dan memenuhi syarat kerja.
H. Referensi