TANTANGAN IT DI DUNIA BERKEMBANG

A. Pendahuluan
Assalamu'alaikum wr wb

okee gan ketemu lagi dengan postingan saya , kali ini saya akan berbagi tentang tantangan  IT di dunia berkembang.
 
1. Pengertian

TANTANGAN adalah usaha usaha yang bertujuan untuk membangun atau menggugah kemampuan kita.

IT adalah istilah umum teknpologi apapun  yang membantu manusia  dalam membuat, mengubah, menyimpan dan mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

2. Latar belakang

dengan majunya teknologi dan tentunya jaringan yang sangat maju dan mayarakat yang belum mengetahui lebih dalam tentang jaringan mereka hanya berkeinginan membuat jaringan dan tidak mengetahui bagaimana cara memperbaiki atau merawatnya, nah dari sinilah IT harus berusaha keras ketika mendapatkan panggilan ataupun diberi amanah untuk memperbaikinya.

3. Maksud dan tujuan

Agar dapat mengetahui dan memahami apa saja si yang akan menjadi  tantangan kita sebagai IT didunia berkembang ini.

4 Hasil yang di harapkan

dapat menjadi IT yang handal dan cekatan di dunia berkembang ini.

B. Alat dan bahan

Laptop

C. Jangka waktu

08:00 - 14:00

D. Tahapan kerja

Mbah suro membuka dengan sesi tanya jawab kemudian setelah ada yang bertanya lalu mbah suro menerangkan tentang materi ini dengan jelas dan memberkan contoh di sekolah itu ketika kita akan di tugaskan membuat jaringan itu tanggapan tanggapannya seperti apa.

E. Hasil yang di dapatkan





TANTANGAN IT DI DUNIA BERKEMBANG

Aadabeberapa hal yang akan menjadi tantangan seorang IT didunia yang berkembang dan di bawah ini akan di paparkan masing masing tantangan yang ada :

A. INFRASTUKTUR

INFRASTRUKTUR adalah adalah dapat didefinisikan sebagai kebutuhan dasar fisik pengorganisasian sistem struktur yang diperlukan untuk jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat.

nah di infrastuktur sendiri mencabang juga yaitu:
1. keterbatasan  akses jaringan


ketika seseorang itu akan membangun jaringa terkadang orang lebih merujuk ke hal hal yang murah atau yang tidak terlalu mahal dalam pemasangannya, nah tantangan ini memang luar biasa ketika permintaah clien itu ingin jaringannya kancara tanpa lola tapi dana atau kebutuhannya yang kurang memunginka sehingga keterbatasan aksespun akan susah di atasi.
 ada beberapa hal yang harus di perhatika di salam keterbatasan akses jaringan ini yaitu :

a). merancang bangunan infrastruktur
sulitnya sekarang dalam membangun infratruktur ini karena keterbatasan seseorag dalam memiliki ide kreatif ataupun kritis.

b). Menganalisa dan menyediakan infrastrukrur sesuai dengan kebutuhan

2. Ketersediaan service

nah ini yang biasa terjadi pada sekolah sekolah yang ada biasya ketika sekolah itu akan membuat sever dan juga akan membuat layanan sekolahnya sendiri tetapi di balik itu sekolah juga terkadang memberikan fasilitas fisiknya kurang yaitu semisal ketika akan membangun elearning pasti dari pihak sekolah akan mengemukakan keinginannya yaitu ingin seperti ini dan itu tapi sekolah dalam memberikan fasilitas fisiknya itu biasanya yang rada rada kurang.

Semisal dalam membangun elearning dan siswa di sekolah 1000 lha massa sekolah memberika RAM nya hanya 2 gib kan sangan hanyal sekali ketika mempunyai siswa1000 dengan ram 2 gm lebih lebih ketika mengalami masalah menyalahkan nah itu yang biasa banyak di alami oleh para IT.

hal hal yang harus di perhatikan :
a). FILE SHARING
b). WEB SERVER
c) DATABASE SERVER
d). MAIL SERVER
e). DNS SERVER

B. Sumber daya manusia

Nah di lihat dari sumber daya manusia yang sekarang itu kebanyakan banyak orang orang yang malas tetapi ingin menjadi sesuatu yang tinggi. Ada beberapa hal yang harus di[erhatikan yaitu :

1. MUTU SDM RENDAH

mutu atau kualitas itu baik buruknya seseorang atau kualitasnya, jadi tantangan IT sekarang adalah dimana jaman yang modrn ini banyak sekali orang yang terlalu termakan oleh zaman yang luar biasa ini jadi banyak sekali manusia yang lebih ke pergaulan pergaulan yang menyimpang maksudnya adalah banyak sekali yang hanya merasakan enak enakan saja tanpa berfikir harus
mempunyai kualitas diri dalam bekerja.

Ada beberapa hal yang ada gi poin ini yaitu :

a). Rendahnya mutu pendidikan

pendidikan sangat penting untuk menjadikan kita sebagai IT yang baik juga pendidikan dapat melatih bagaimana kita nanti akan turun langsung di dunia IT. Nah pendidikan ini juga tidak harus di sekolah melainkan pendidikan ada banyak yaitu :

        - pendidikan rormal
        - pendidikan informal
        - pendidikan sertifikasi
       - pendidikan pengalaman kerja

b). ATTITUDE RENDAH

Kepribadian yang harus terjaga baik maksudnya disini adalah sikapa karakter seseorang ketika menjadi IT itu sekarang kebanyakan yang memiliki kepribadian dan karakter yang tidak sesuai. jadi ini juga akan mempengaruhi nantinya.

C. MANAGEMEN TATA KELOLA

mengatur atau membagi suatu pekerjaan dan mengelola kegiatan agar dapat tercontrol dengan baik dan berjala dengan baik.

Ada beberapa hal yang menyangkut managemen tata kelola ini yaitu :

1. Dasar aturan hukum

ketika kita menjadi IT kita harus benar benar memegang aturan aturan hukum yang ada jangan bergerak sendiri tanpa konsultasi kepada atasan.

2. Kebijakan

keputusan yang terbaik berdasarkan pemikiran pemikiran yang matang dan konsisten.

3. Aturan tata kelola, standar baku dan SOP

selalu melakukan keiatan dengan dasar sop, nak sop ini jangan sampai di sepelekan pada saat kita bekerja atau menjadi IT.

D. SUMBER DANA

nah sudah di singgung di atas sumber dana , biasanya ketika menjadi IT biasanya kan ada yang langsung cair ada yang belum lah ini tantangan yang harus di lalui bagai mana mengatur dana itu setelah atau sebelum di cairkan.

E. TUNTUTAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Dengan zaman yang selalu modern dan juga teknologi teknologi yang semakin maju ini sebagai IT harus benar benar mengetahui selalu atau update, jangan malah sebaliknya kita sebagai IT itu slalu update terus.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu :

1. Kemajuan teknologi sangat pesat

2. kebijakan pemerintah

3. Tuntunan internasional

F. Temuan masalah

Dalam mengetahui teknologi di perkembangan jama ini saya kurang dalam update. 

G. Kesimpulan

Dengan adanya tantangan ini kita sebagai IT harus melakuka perubahan dan juga kita harus selalu update dengan teknologi yang ada.

H. Referensi

https://id.wiktionary.org/wiki/tantangan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »