EVALUASI TOPOLOGI UNTUK SEKOLAH

A. Pendahuluan

oke pada kesempatan kali ini saya akan meng evaluasi  topologi jaringan sekolah yang sederhana

1. pengertian

Evaluasi adalah  proses pengukuran hasil aktifitas yang telah din lakukan selama waktu yang di targetkan sudah selesai maka pada evaluasi ini adlah kesempatan mengkoreksi atau menyelesain permasalahan yang telah di temukan.

Jaringan adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Topologi adalah susunan jaringan  komputer yang terancang dari beberapa komputer.

2. Latar belakang

Kurangnya pemahaman dalam menjelaskan atau memaparkan topologi jaringan

3. Maksud dan tujuan

 Agar dapat memahami lebih dalam dari  topologi dasar dan juga dalam pemasangan topologinya dengan teliti

4. Hasil yang di harapkan

 dapat membuat topologi tersebut di sekolah ataupun perkantoran

B. Alat dan bahan

1. Laptop
2. LCD Proyektor
3. MIC

C. Jangka waktu

08:00-14:00 

D. Tahapan kerja

Kami menerang topologi dasar yang bisa di terapkan di mana mana baik sekolah maupun di perkantoran dan juga kami mengimplementasikan di depan teman teman satu persatu . dan menerangkan sesuai pemahaman masing masig orang. Dan pada evaluasi ini itu tidak mencari siapa yang benar dan siapa yang salah jadi kita mempresentasikan sesuai pemahaman kami masing-masing.

dan di dalam topologi itu sendiri terdapat beberapa hardware yang di butuhkan yaitu
1. Routerboard
2. cable utp
3. tower
4. wifi hotspot
5. server

Nah di topologi dasar ini routerboard sendiri dijadikan sebagai induk dari semua jarinan itu dan router itu akan mendapat internet dari blc telkom karena kami praktek di blc telkom

Kemudian membuat alur jaringan untuk server sendiri dan pada server sendiri jangan sampai di DHCP karena nanti server akan memberikan IP.

Lalu memberikan ip ke swich , lalu swicht memberika IP ke clien clien di bawahnyajadi akan mendapatkan internet.

pengaturan pada hotspot : hotspot digunakan ntuk menyebarkan jaringan jadi semisal di sekolah itu ketika siswa akan terkoneksi ke internet tidak harus susah susah membawa kabel lan untuk dapat terkoneksi melainkan menggunakan wifipun sudah bisa terkonwksi dengan internet.

untuk tower bisa digunakan untuk penyebar luaskan signal dan juga tower ini dapat digunakan untuk bertukar data dari sekolah / perusahaan satu dengan yang lain. dengan cara salah satu dari tower itu di ap bridge.

E. Hasil yang di harapkan

dengan melihat gambar itu kami menjadi paham tentang konsep jaringan yang sederhana dari gambar itu dan juga gambar topologi dasar itu dapat di gunakan untuk daerah daerah sekolah atapun perusahaan.

F. Temuan masalah

Pada saat akan menerangkan di bagian tower itu saya bingung seperti apa dan bagaimana apa harus menggunakan tower apa gimana ???

nah pada akhirnya saya mendapat solusi dari teman teman bahwa kita bisa menggunakan TP-LINK untuk pengganti tower.

G. Kesimpulan

Pada gambar jaringan dasar itu kita dapat menyimpulkan bahwa ketika kita sudah melihat gambar tersebut kita pasti akan berfiikir bahwa gambar itu akan di olah akan menjadi seperti apa.

H. Referensi

1.  https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »